GAME
Game adalah permainan yang menggunakan media
elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik
mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin.
Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran. Game edukasi dibuat
dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan, untuk belajar mengenal warna,
mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Desainer yang
membuat game harus memperhitungkan berbagai hal agar game benar-benar dapat
mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan yang memainkannya.
Game edukasi di Indonesia bisa masyarakat temukan di berbagi toko buku, tempat hiburan,
pameran atau bazar dan di sekolah-sekolah yang bekerja sama langsung dengan
perusahaan pembuat game tersebut. Game edukasi dalam perancangan ini ditujukan
pada produk keluaran PT Maximize Informa Studio Indonesia (MISI) yang bernama
“EduGames”. Kondisi ideal dari keberadaan Edu-Games, yaitu berada pada taraf yang
sama dengan game sejenis. Keseimbangan itu dilihat dari promosi yang dilakukan,
mengingat peran promosi tersebut sangat penting dalam menunjukan keberadaan
Edu-Games.
Berdasarkan wawancara dengan Bapak Asep seorang
desainer game edukasi dari sebuah perusahaan game interaktif, keberadaan game edukasi
itu sangat jarang, hal itu disebabkan karena dianggap kurang
menarik dan belum semua kalangan mengetahui karena
promosi game edukasi hanya terbatas pada kawasan promosi tertentu saja lain
halnya dengan keberadaan game hiburan. Sedangkan berdasarkan data pada produk
Edu-Games itu sendiri promosinya juga masih dibawah pesaing langsung seperti
Elexmedia dan Akal Interaktif.
Maka dari itu, perlu dibuat suatu bentuk promosi agar
keberadaan game edukasi di Bandung khususnya game edukasi dari perusahaan PT
Maximize Informa Studio Indonesia (MISI) dengan produk yang bernama Edu-Games dapat diminati konsumen terlebih
pada anak-anak.
GAME
BASED LEARNING
Pengaruh berbagai model pemainan yang berkembang saat
ini terkadang membuat orang tua dan guru
khawatir terhadap perkembangan anak dan peserta didik mereka. Padahal jika game
dikelola dengan baik maka hasil yang di dapat akan luar biasa. Setiap orang,
baik besar maupun kecil, tua maupun muda pada dasarnya menyukai game. Hal ini
dapat dimengerti, karena dalam game terdapat unsur rekreasi dan tantangan
sehingga dapat menhilangkan stress.
Bahkan untuk anak-anak game merupakan media yang sangat baik untuk
belajar. Melalui proses bermainlah sebagian besar kterampilan dan kemampuan
yang dimiliki anak tersebut.
Atas dasar uraian di atas, maka sangat tepat jika guru
memilih menggunakan game dalam proses pembelajaran yang dilakukannya. Melalui
game diharapkan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru bisa
berlangsung dengan aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.
Menurut Wikipedia pembelajaran berbasis game adalah
game yang didesain khusus untuk mengajar orang-orang materui tertentu,
menjelaskan konsep-konsep, menguatkan pengembangan, memahami suatu peristiwa
sejarah atau budaya, atau memberi bantuan kepada orang-orang tersebut suatu
keterampilan sebagaimana yang mereka mainkan. Sedangkan dalam web game base
learning pembelajaran berbasis game didefinisikan sebagai pembelajaran yang
menggunakan latiha kompetitif, baik mempertandingkan peserta didik satu sama
lain untuk membuat mereka menantang diri sendiri untuk memotivasi mereka belajar lebih baik. Berdasarkan pada dua pengertian di atas, maka pembelajaran
berbasis game adalah game yang didesain untuk mengajar peserta didik materi
atau keterampilan tertentu dengan cara mempertandingkan peserta didik satu sama
lain atau menantang diri sendiri dengan tujuan mereka lebih termotivasi dalam
belajar.
GAMIFICATION
Ada banyak elemen dalam dunia game yang dapat membuat orang
terikat atau menjadi ketergantungan dengan sebuah game. Dengan adanya fenomena tersebut, membuat
banyak praktisi maupun developer
di belahan bumi ini yang mencoba memanfaatkan peluang tersebut
dengan mempelajari elemen-elemen dari game,
lalu menerapkannya dalam suatu bidang keilmuan yang kini dikenal dengan istilah
gamification.
Dimana elemen-elemen yang ada di dalam suatu game,
kini diterapkan untuk keperluan diluar game―yang salah satunya adalah
sebagai metode training/pelatihan
karyawan.
Menurut Michael Wu (2011) dalam
lithosphere.lithium.com, mendefinisikan gamification
sebagai berikut: “The
use of game mechanics and dynamics to drive game like engagement in a non-game
context. However, after seeing the numerous implementations of gamification at
this symposium, I am convinced that the use of only game mechanics/dynamics may
be too restrictive.”
Sementara Gamification.org
mendefiniskan gamification sebagai
berikut: “gamification is
typically involves applying game design thinking to non-game applications to
make them more fun and engaging”. Kevin Werbach (2012) dalam
coursera.org juga menjelaskan, “gamification
is the application of game elements and digital game design techniques to
non-game problems, such as business and social impact challenges”. Sedangkan
Mike Beaty dalam gamebrief.com menjelaskan, “gamification holds a lot of
promise for internal operations as well. It is a great way for companies to
engage their employees”.
Berdasarkan pengertian diatas
dapat ditarik kesimpulan, bahwa gamification
adalah menyatukan suatu masalah dalam aplikasi non-game menjadi memiliki
unsur game,
sehingga dapat mengikat penggunanya. Dalam hal ini, gamification bisa diterapkan dalam perusahaan
terhadap karyawannya.
Namun, proses-proses apa saja
yang akan dilibatkan dalam metode gamification
pada training karyawan
ini tergantung pada: (1) apa yang HRD tetapkan; (2) apa yang menjadi
permasalahan utama dalam kinerja dari para karyawannya; (3) dan juga apa yang
akan dicapai atas training yang
dilakukan melalaui gamification
ini.
PERBEDAAN GAME, GAME BASED LEARNING, DAN GAMIFICATION
Game :
- permainan hanya untuk bersenang-senang, dan mungkin atau mungkin tidak memiliki aturan dan tujuan yang ditetapkan
- menang dan kalah adalah bagian dari permainan
- permainan bermain datang pertama, penghargaan sekunder
- Game biasanya susah dan mahal untuk dibangun
- Cerita dan adegan adalah bagian dari permainan
- menang dan kalah adalah bagian dari permainan
- permainan bermain datang pertama, penghargaan sekunder
- Game biasanya susah dan mahal untuk dibangun
- Cerita dan adegan adalah bagian dari permainan
Game Based Learning :
- permainan mendefinisikan tujuan pembelajaran
- Kehilangan mungkin atau mungkin tidak mungkin karena intinya adalah memotivasi orang untuk mengambil tindakan dan belajar sebagai hasil akhir
- Kadang-kadang hanya bermain game secara intrinsik bermanfaat
- biasanya susah dan mahal untuk dibangun
- Konten biasanya bermetamorfosis agar sesuai dengan cerita dan adegan permainan
- Kehilangan mungkin atau mungkin tidak mungkin karena intinya adalah memotivasi orang untuk mengambil tindakan dan belajar sebagai hasil akhir
- Kadang-kadang hanya bermain game secara intrinsik bermanfaat
- biasanya susah dan mahal untuk dibangun
- Konten biasanya bermetamorfosis agar sesuai dengan cerita dan adegan permainan
Gamification :
- Mungkin saja ada kumpulan tugas dengan poin atau beberapa dari hadiah
- Kehilangan mungkin atau mungkin tidak mungkin karena intinya adalah memotivasi orang untuk melakukan tindakan dan melakukan sesuatu.
- secara intrinsik menghargai pilihan
- gamifikasi biasanya lebih mudah dand lebih murah
- Biasanya permainan seperti fitur ditambahkan ke LMS atau sistem lain dan bukan kontennya
- Kehilangan mungkin atau mungkin tidak mungkin karena intinya adalah memotivasi orang untuk melakukan tindakan dan melakukan sesuatu.
- secara intrinsik menghargai pilihan
- gamifikasi biasanya lebih mudah dand lebih murah
- Biasanya permainan seperti fitur ditambahkan ke LMS atau sistem lain dan bukan kontennya
Link Referensi :
* http://boardgame.id/apa-perbedaan-games-game-based-learning-dan-gamification-infographic/
Play'n GO Casino Map & Floor Plans - Mapyro
ReplyDeleteView casino floor plans, casino towers, and casino gaming floors 순천 출장마사지 in 익산 출장안마 Illinois. Find your way around 평택 출장마사지 the 세종특별자치 출장안마 casino, find where everything 문경 출장마사지 is located with these